Rabu, 05 Februari 2014

Gunung Ungaran (Pendakian Jalur Mawar Sidomukti -Jimbaran)


Gunung Ungaran dari Puncak Gn.Sumbing

Gunung Ungaran berada di wilayah Kabupaten Semarang Propinsi Jawa-Tengah.
Gunung yang memiliki ketinggian 2050 mdpl ini mempunyai beberapa objek wisata yang cukup di kenal di kalangan masyarakat, beberapa objek wisata yang berada di bawah kaki Gunung ungaran ini di antaranya adalah Candi Gedong Songo dan Wana wisata Bandungan Indah. 


Rimbun Hutan Pinus mengawali Jalur Pendaki

Gunung Ungaran ini baik sekali di gunakan untuk siapa saja yang ingin mengenal tentang sebuah pendakian gunung. Hal ini di karenakan  Gunung ungaran memiliki medan pendakian yang cukup bersahabat walau tentu saja tidak boleh di anggap ringan.



Ada beberapa jalur pendakian yang bisa di gunakan untuk mendaki Gunung Ungaran, namun pada kesempatan kali ini kami ingin memberi sedikit gambaran pendakian Gunung Ungaran melalui jalur Mawar - Sidomukti.

Sidomukti adalah nama sebuah desa di lereng Gunung Ungaran. Desa yang berada di lereng Gunung Ungaran bagian selatan ini juga memiliki sebuah tempat wisata yang saat ini cukup di kenal di kalangan Masyarakat yaitu Objek Wisata Umbul Sidomukti. Udara yang sejuk khas pegunungan cukup di minati oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Basecamp pendakian Gunung Ungaran jalur mawar berada sedikit diatas tempat wisata umbul sidomukti, Kira-kira 20 menit berjalan kaki. 

Di basecamp Mawar pendaki bisa melakukan regristrasi pendakian gunung Ungaran. Setiap pendaki hanya di kenakan retribusi sebesar 3000 rupiah. Bagi pendaki yang membawa kendaraan sendiri bisa menitipkanya di  basecamp ini.

Perjalanan dari basecamp menuju Pos 1 bisa di tempuh dalam waktu 1,5 jam. Medan yang berliku-liku namun dengan  tanjakan-tanjakan yang masih cukup ringan. Hutan pinus serta cemara menjadi teman yang setia di awal perjalanan. Setelah 15 menit berjalan , para pendaki akan memasuki  rimbun-nya hutan heterogen Gunung Ungaran. Lebatnya pepohonan mampu memberikan keteduhan baik  di musim kemarau ataupun penghujan. 

Suasana malam di pos 1

Rimbunya hutan akan berakhir bila Pendaki sudah menjumpai perkebunan kopi. Di sekitar perkebunan kopi ini pula para pendaki akan menemui sebuah sumber air yang cukup besar dan jernih. Pendaki bisa mengambil air di tempat ini untuk keperluan selama melakukan pendakian. 

Di sekitar kebun kopi

Setelah 30 menit meneruskan perjalan dari perkebunan kopi, para pendaki akan menemui perkebunan teh yang bernama Promasan.

Perkebunan teh Promasan

Di perkebunan teh ini pula para pendaki akan menemui percabangan, yang lurus menuju sebuah perkampungan petani kebun teh sedangkan yang ke arah kiri menuju ke puncak gunung ungaran.

Di sekitar perkebunan teh ini pula banyak di antara pendaki yang mendirikan tenda untuk beristirahat sebelum meneruskan pendakian ke puncak.

Tenda di balik kebun teh

Perjalanan menuju puncak gunung ungaran tidak bisa di anggap ringan, medan yang terjal dengan jalur pendakian yang sempit cukup memberi tantangan tersendiri bagi para pendaki. Belum lagi banyak pepohonan yang tumbang dan melintang di tengah lintasan pendakian juga bisa menjadi penghalang perjalanan. Hingga tidak heran di butuhkan waktu 2 jam dari perkebunan teh promasan sebelum para pendaki mencapai puncak gunung ungaran. 






Pohon tumbang di jalur pendakian

Jalur pendakian juga akan sangat licin di waktu musim penghujan, hal ini di karenakan karakter dari tanah menuju puncak adalah tanah yang sangat liat bila terkena air hujan. Sehingga kewaspadaan para pendaki di jalur ini sangat di perlukan.

15 menit sebelum puncak

Setelah 2 jam berjalan para pendaki akan sampai di puncak gunung ungaran. Puncak yang mempunyai ketinggian 2050 mdpl ini mempunyai panorama yang mampu mengusir rasa lelah para pendaki setelah berjibaku dengan terjalnya medan menuju puncak gunung ungaran.



Puncak Ungaran 2050 mdpl

Dari puncak ini pula para pendaki bisa menikmati panorama gunung merbabu, gunung sumbing serta gunung sindoro bila cuaca di puncak cerah dan tidak berkabut tebal.

Demikian sekilas gambaran perjalanan menuju puncak gunung ungaran. Semoga bermanfaat terutama bagi yang ingin memulai hobby di bidang pendakian gunung. 
Selamat mencoba...semoga sukses dalam pendakian-nya. Amiiiin

Salam Alam Indonesia

7 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Gunung Ungaran (Pendakian Jalur Mawar Sidomukti -Jimbaran).Benar benar sangat bermamfaat dalam menambah wawasan kita menjadi mengetaui lebih jauh mengenai indonesia.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai indonesia yang bisa anda kunjungi di http://indonesia.gunadarma.ac.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tx bang sdh mampir ke blog JG...Maaf bl msh bnyk kekurangan dlm kami memberikan informasi..dan tx jg utk link-nya..SALAM ALAM INDONESIA.

      Hapus
  2. Berapa menit waktu tempuh dari Umbul Sido Mukti ke Puncak Ungaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Krg lebihnya 4x60 mnt waktu tempuh dr Umbul sidomukti ke puncak Ungaran..tx bang sdh mampir ke blog JG smga bermanfaat..SALAM ALAM INDONESIA.

      Hapus
  3. kalau musim hujan seperti ini, tetap aman tidak bang?

    BalasHapus
  4. kalau hujan seperti ini, masih aman tidak bang buat ke ungaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trmksh sdh mampir di blog JG' ,pendakian di musim penghujan memang lebih beresiko krna track menuju puncak Ungaran terkenal licin..jd di himbau utk lebih berhati2...slmt mendaki smga bermanfaat informasi ini.

      Hapus