Kamis, 10 April 2014

PERBEKALAN DALAM SEBUAH PENDAKIAN





Kegiatan mendaki gunung yang membutuhkan Energi serta stamina yang baik tentunya harus di dukung dengan tersedianya logistik berupa makanan dan minuman yang cukup. Dalam hal yang satu ini pendaki di tuntut untuk mampu memilih jenis jenis makanan atau-pun minuman yang tepat agar kebutuhan kalori tubuh senantiasa terjaga.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang sangat baik untuk di persiapkan dalam sebuah pendakian. 


 1. Air

Adalah sumber kehidupan, oleh karena-nya Untuk yang satu ini jangan sampai Pendaki mengalami kehabisan, perlu juga mendapatkan informasi yang tepat ada atau tidaknya Sumber Air di rute Pendakian yang akan di lakukan, oleh karenanya bawalah Air dalam jumlah yang cukup terutama di Gunung-gunung yang tidak memiliki sumber air . Sebagai pelengkap ada baiknya sediakan pula Teh, Coklat, atau kopi sebagai Minuman yang bisa menghangatkan tubuh di tengah Udara Gunung yang dingin. Yang perlu di ingat jangan mengkonsumsi minuman bersoda sewaktu melakukan pendakian, karena akan lebih mudah terserang haus serta mengakibatkan perut menjadi kembung.

2.Roti basah / Roti kering

Roti adalah makanan siap santap yang cukup akrab dalam kehidupan sehari hari. Tidak di perlukan acara masak memasak untuk menikmatinya, sehingga sangat cocok bila rasa lapar sudah tak lagi tertahankan. Untuk makanan yang satu ini Pendaki bisa membawa Roti tawar yang dapat di kombinasikan dengan selai kacang ataupun selai dengan jenis rasa sesuai selera. Untuk Roti kering (Biscuit) juga cukup mudah untuk di dapatkan di warung maupun toko di sekitar basecamp Pendakian. 

3.Kentang & Ubi

Bisa terlebih dahulu di rebus di rumah. Kentang dan Ubi kaya akan kandungan protein serta memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi sehingga sangat baik bagi pendaki. 

4.Sup Instant

Jenis makanan yang satu ini banyak tersedia dalam bentuk Sachet sehingga mudah untuk di bawa dan ekonomis pula tentunya. Sup instant sudah banyak tersedia di mini market sekitar kita. Cara memasak juga cukup mudah hanya dengan menambah air panas. 

 4.Mie Instant 

Tentu-nya sudah tak asing lagi bagi kalangan Pendaki, bahkan sudah melegenda jadi Wajib hukumnya untuk tersedia. Namun lebih baiknya untuk membawa yang di kemas dalam Cup, di samping lebih praktis juga tidak di perlukan banyak air untuk memasaknya. Seperti kita ketahui air merupakan kebutuhan paling Vital dalam sebuah Pendakian, jadi Pendaki jangan sampai menghabiskan banyak air karena untuk memasak mie instant.

5.Beras

Untuk sumber makanan yang satu ini di samping memerlukan waktu yang cukup lama untuk memasak juga cukup membutuhkan banyak air untuk mengolahnya, sehingga beras " kurang " populer sebagai bahan makanan dalam sebuah pendakian. Namun alangkah baiknya bila tersedia dalam perbekalan Pendakian.

6. BUAH-BUAHAN

Buah di samping menyehatkan tentunya juga sangat menyegarkan bila di konsumsi apalagi bila tenggorokan sedang merasakan kehausan. Jeruk, Apel, dan Pear adalah beberapa jenis buah yang sangat baik dalam sebuah Pendakian. Kandungan Vitamin yang ada cukup membantu metabolisme tubuh di tengah perubahan suhu udara yang sering tidak menentu, seperti di ketahui cuaca dan juga udara di atas gunung silih berganti antara panas dan juga dingin. 

Demikianlah beberapa jenis Perbekalan yang sangat baik untuk di persiapkan dalam Sebuah Pendakian. Selamat Mendaki , semoga bermanfaat.

Salam Alam Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar