Rabu, 05 Maret 2014

DATARAN TINGGI DIENG



Panorama  Dieng

Dataran tinggi Dieng memiliki Panorama Alam yang sangat indah. Wilayah yang berada di ketinggian 2000 mdpl ini memiliki udara yang sangat sejuk dan segar, serta sering di selimuti oleh kabut yang cukup tebal .



Dataran tinggi Dieng berada 30 km dari kota Wonosobo, tepatnya di perbatasan Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara propinsi Jawa Tengah.
Di balik panorama alam yang indah, Dieng juga menyimpan kisah peradaban kerajaan Hindu di masa lalu .

Konon nama DIENG berasal dari kata "DI" yang berarti Tempat dan "HYANG" yang berarti Dewa Dewi, jadi tempat ini pada jaman dahulu dipercaya sebagai tempat bersemayam-nya Dewa Dewi pada masa Kerajaan Hindu. Mungkin karena keindahan alam dan segarnya udara pegunungan menjadikan wilayah ini di pilih sebagai tempat suci Bersemayam-nya para Dewa Dewi di masa itu. Dieng memiliki candi candi kecil peninggalan kerajaan Hindu.
Nama nama Candi di dieng juga banyak di ambil dari nama tokoh dalampewayangan yaitu Candi Bima, Gatotkaca, Arjuna dan Srikandi. Candi candi ini juga di percaya sebagai tempat tinggal para pendeta yang menyebarkan agama Hindu.

Dieng  memiliki beberapa Telaga yang indah, salah satunya di sebut Telaga Warna, airnya yang berwarna biru kehijauan menambah indahnya pemandangan.
Tak terbantahkan lagi bila Dieng merupakan salah satu tempat terindah di propinsi Jawa tengah. Banyak wisatawan yang sekedar duduk memandangi jernihnya air di pinggir telaga maupun berjalan jalan mengelilingi luasnya Telaga warna.

Telaga Warna Dieng

Ada juga beberapa danau belerang di kawasan Dieng, satu di antaranya di kenal dengan nama Kawah si Kidang. Energi dari Kawah di dataran tinggi dieng ini sebagian juga telah di gunakan sebagai pembangkit listrik bertenaga panas bumi. Di kawasan kawah si Kidang pengunjung akan menyaksikan lumpur Vulkanik panas yang mengeluarkan gelembung, serta danau belerang yang berwarna putih kecoklatan.
Kawasan Kawah Si Kidang

Kawasan objek Wisata dieng telah banyak memukau wisatawan yang datang, hingga memberikan kesan yang sangat mendalam, begitu juga dengan yang kami rasakan.
Jadikan Dieng salah satu Destinasi bila anda berkunjung ke wilayah Jawa-Tengah.


SALAM ALAM INDONESIA







Tidak ada komentar:

Posting Komentar