Jumat, 07 Maret 2014

BEBERAPA TIPS PENDAKIAN DI MUSIM HUJAN



HUJAN BUKAN-LAH PENGHALANG , itulah keteguhan prinsip yang tertanam di dalam benak Sang petualang, namun hendaknya semua itu tetaplah berjalan seimbang dengan rasionalitas yang ada.

Ada beberapa beberapa hal yang harus di persiapkan dan di rencanakan dengan sangat matang bila seorang pendaki akan melakukan pendakian di saat musim hujan agar keamanan dan kenyamanan tetap sejalan dengan misi yang sedang di jalankan.

PERALATAN YANG WAJIB DI BAWA SAAT MENDAKI DI MUSIM PENGHUJAN

1. MANTEL / JAS HUJAN

Di sarankan yang memiliki model stelan ( Baju dan Celana ) , karena lebih nyaman dan aman saat melintasi medan pendakian.

2. BAJU GANTI. : Bawalah minimal 2 stel ( 2 baju dan 2 celana ), kalau musim kemarau bisa saja hanya 1 stel pakain ganti yang di bawa.

3. PAYUNG.

4. TERPAL : minimal ber-ukuran 2x2m.

Terpal akan sangat bermanfaat ketika hujan datang dengan tiba2, dan juga akan saat membantu pada saat Pendaki mendirikan tenda di kala  hujan melanda. 

5. LAP PENGERING / KANEBO.

Sangat berguna untuk mengeringkan interior tenda yang basah oleh air hujan, istirahat menjadi terganggu dan akan sangat tidak nyaman bila ruangan tenda tergenang air hujan.



BEBERAPA TIPS MELAKUKAN PENDAKIAN DI MUSIM HUJAN DI ANTARANYA :

1.HINDARI MELAKUKAN PERJALANAN MALAM

Berjalan di tengah lebatnya hujan dan di lakukan di waktu malam akan menambah resiko yang ada saat Pendakian, lintasan yang licin dan jarak pandang yang terbatas akan semakin menyulitkan perjalanan. Oleh sebab itu sebaiknya memilih melakukan pendakian pagi hingga sore hari, sedangkan malam hari di gunakan untuk beristirahat.

2.HINDARI MENDIRIKAN TENDA DI DEKAT ALIRAN AIR, DI BIBIR TEBING SERTA PILIHLAH TEMPAT YANG TERLINDUNG DARI ANGIN.

Aliran-aliran air atau parit akan di penuhi dengan air sehingga di kawatirkan air akan meluap dan masuk ke dalam tenda yang berada di dekatnya. Mendirikan tenda di bibir tebing juga sebaiknya di hindari karena di kawatirkan terjadi penurunan tanah atau longsor. 

3.JANGAN MENGAKTIF-KAN PERANGKAT SELULER

Sinyal-sinyal seluler merupakan penghantar listrik , jadi lebih aman bila mematikan perangkat seluler saat melakukan pendakian di musim hujan, untuk meminimalisir sambaran petir.

Demikianlah beberapa tips pendakian di musim hujan.  Resiko memang tidak bisa di hilangkan, namun setidaknya dapat di minimalkan .  SELAMAT MENDAKI !!!


SALAM ALAM INDONESIA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar